Senin, 29 September 2014

Judul Skripsi

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED  LEARNING) DENGAN  METODE CERAMAH BERVARIASI
PADA BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP
HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP


SKRIPSI

Diajukan Untuk Penulisan Skripsi Guna Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) Pada Program Studi Pendidikan Biologi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri
 












Disusun oleh:

ENY RICHA VICTIARI
08.1.01.06.0014





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
2012
HALAMAN PERSETUJUAN

Skripsi oleh :
ENY RICHA VICTIARI
NPM : 08.1.01.06.0014

Judul :
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM  BASED LEARNING) DENGAN  METODE CERAMAH BERVARIASI PADA BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
SISWA KELAS VII SMP



Telah disetujui untuk diajukan kepada
Panitia Ujian/Sidang Skripsi Program Studi
 Biologi  Universitas Nusantara PGRI Kediri


Tanggal :

29 Juni  2012







Pembimbing  I                                                         Pembimbing  II



Dr. Sulistiono, M.Si.                                          Dra.Dwi Ari Budiretnani. M.Pd.           


HALAMAN PENGESAHAN
Skripsi oleh :
ENY RICHA VICTIARI
NPM : 08.1.01.06.0014

Judul :
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM  BASED LEARNING) DENGAN  METODE CERAMAH BERVARIASI PADA BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
SISWA KELAS VII SMP


Telah dipertahankan di depan Panitia Ujian/Sidang Skripsi
Program Studi Biologi FKIP UNP Kediri

Pada Tanggal :                    
13 September 2012

Dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan
Panitia Penguji                                                                              Tanda Tangan
1.      Ketua              : Drs. Setya Adi Sancaya, M.Pd.                 ...............................
2.      Penguji I         : Dra. Elly Setyowati, M.Pd.                        ...............................
3.      Penguji II       : Dr. Sulistiono, M.Si.                                   ...............................

Mengetahui dan Mengesahkan
Dekan FKIP



Dr. Sulistiono M.Si.


PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini saya,
Nama                                : ENY RICHA VICTIARI
Jenis Kelamin                   : Perempuan
Tempat/tgl. Lahir             : Magetan / 30 Agustus  1989
NPM                                : 08.1.01.06.0014
Fak/Prodi                         : FKIP/BIOLOGI

Menyatakan dengan sebenarnya, bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjaaan di suatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya tidak terdapat karya tulis atau pendapat yang pernah diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara sengaja dan tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

                                                                           Kediri, 13 September 2012
                                                                           Yang Menyatakan


                                                                           ENY RICHA VICTIARI
                                                                           NPM: 08.1.01.06.0014










Motto
Ø  Jadilah seperti karang di lautan yang kuat dihantam ombak dan kerjakanlah hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, karena hidup hanyalah sekali. Ingat hanya pada Allah apapun dan di manapun kita berada kepada Dia-lah tempat meminta dan memohon.


Ø  Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan selama ada komitmen bersama untuk menyelesaikannya.

Ø  Berangkat dengan penuh keyakinan Berjalan dengan penuh keikhlasan Istiqomah dalam menghadapi cobaan.

Ø  Jadi Diri Sendiri, Cari Jati Diri, And Dapetin Hidup Yang Mandiri ,Optimis, Karena Hidup Terus Mengalir Dan Kehidupan Terus Berputar ,sesekali Liat Ke Belakang Untuk Melanjutkan Perjalanan Yang Tiada Berujung


Persembahan skripsi ini untuk:
Ø Kedua orang tuaku tercinta yang telah membimbing aku sampai saat ini, terima kasih untuk do’a, kasih sayang dan dukungannya selama ini.
Ø Sahabat-sahabat terbaikku, Tri, Nadir, Niswa, dll yang selalu ada untuk aku saat suka dan duka. Terima kasih untuk kebersamaan kita selama ini.
Ø Eka santosa Seseorang yang selalu mendukung dan memberiku semangat .
Ø Bapak-ibu dosen Jurusan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Ø Almamater Universitas Nusantara PGRI Kediri.




ABSTRAK

ENY RICHA VICTIARI: Perbedaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem  Based  Learning) dengan  Metode Ceramah Bervariasi pada Bahasan Ciri-Ciri Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP,Skripsi, Biologi, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2012.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Metode Ceramah Bervariasi,Hasil Belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar siswa pada pelajaran biologi bahasan ciri-ciri makhluk hidup antara yang menggunakan model PBL (Problem  Based  Learning) dengan yang menggunakan metode ceramah bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP  PGRI 1 Kediri, sedangkan sampelnya adalah  siswa kelas VII A sebagai X1 (model pembelajaran PBL ) dan kelas VII B sebagai X2 (Ceramah Bervariasi). Parameter yang digunakan adalah hasil belajar siswa setelah dilakukan post test. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan uji t, analisis dilakukan dengan computer menggunakan program SPSS 17. Hasil analisis data dengan uji t diperoleh nilai t-hitung yang dihasilkan adalah 9,402  lebih besar daripada nilai t-tabel sebesar 1,986. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran biologi bahasan ciri-ciri makhluk hidup antara model pembelajaran berbasis masalah dengan metode ceramah bervariasi  (2) Hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari metode ceramah bervariasi pada bahasan ciri-ciri makhluk hidup.

.                      










KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan atas ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat serta hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah dengan judul “Perbedaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem  Based  Learning) Dengan  Metode Ceramah Bervariasi Pada Bahasan Ciri-Ciri Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar  Biologi Siswa Kelas VII SMP “. Dengan penelitian ini diharapkan menambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan.
            Penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1.    Drs.H. Samari, S.E. M.M. selaku Rektor Universitas Nusantara PGRI Kediri.
2.    Dr. Sulistiono, M.Si. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan sekaligus sebagai pembimbing skripsi I, yang tanpa kenal lelah dan tidak memperhitungkan waktu selalu siap untuk memberikan bimbingan kepada penulis sampai terwujudnya skripsi ini.
3.    Dra.Dwi Ari Budiretnani.M.Pd. Selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi dan sekaligus sebagai pembimbing skripsi II, yang tanpa kenal lelah dan tidak memperhitungkan waktu selalu siap untuk memberikan bimbingan kepada penulis sampai terwujudnya skripsi  ini.
4.    Kepala Sekolah  dan Guru mata pelajaran pendidikan Biologi SMP PGRI 1 Kediri.
5.    Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, yang telah membantu, baik secara langsung maupun tidak langsung demi terselesainya penulisan skripsi ini.
Dengan segenap kemampuan yang ada, penulis berusaha menyusun skripsi ini sebaik-baiknya namun kami sadar masih banyak sekali kekuranganya oleh sebab itu sebagai saran masukan yang memnbangun sangat diharapkan dan akan diterima dengan tangan terbuka, demi manfaat sebesar-besarnya skripsi ini.
Akhirnya semoga apa yang penulis lakukan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat dan bimbingan-Nya untuk kita Amin.


KediriSeptember  2012


ENY RICHA VICTIARI
                                                                                          NPM:08.1.01.06.0014                                                     
                                                                                   












DAFTAR ISI

Halaman Judul...................................................................................... i
Lembar Persetujuan.............................................................................. ii
Lembar Pengesahan.............................................................................. iii
Halaman Pernyataan............................................................................. iv
Motto dan persembahan....................................................................... v
Abstrak................................................................................................. vi
Kata Pengantar..................................................................................... vii
Daftar Isi.............................................................................................. ix
Daftar Tabel......................................................................................... xi
Daftar Gambar..................................................................................... xii
Daftar Lampiran................................................................................... xiii
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang....................................................................... 1
B.  Identifikasi Masalah............................................................... 5
C.  Pembatasan Masalah.............................................................. 5
D.  Rumusan Masalah.................................................................. 5
E.   Tujuan Penelitian.................................................................... 6
F.   Manfaat  Penelitian................................................................ 6
BAB II KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS
A.    Kajian Teori........................................................................... 8
B.     Materi Ajar............................................................................. 15
C.     Hasil Belajar........................................................................... 20
D.    Kajian hasil penelitian terdahulu............................................ 22
E.     Kerangka pikir ...................................................................... 22
F.      Hipotesis ............................................................................... 23
BAB III METODE PENELITIAN
A.  Identifikasi variabel Penelitian............................................... 24
B.  Teknik dan Pendekatan Penelitian......................................... 24
C.  Tempat dan Waktu Penelitian................................................ 25
D.  Populasi dan Sampel.............................................................. 26
E.   Instrumen Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data............ 27
F.   Tehnik Analisis Data.............................................................. 28
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ...................................................................... 29
B. Pembahasan............................................................................ 30
BAB V PENUTUP
A.Simpulan  ............................................................................... 33
B. Saran....................................................................................... 33
Daftar Pustaka...................................................................................... 34
Lampiran-lampiran .............................................................................. 36







DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                        Halaman
Tabel 2.1 Fase dalam mengimplementasikan pembelajaran PBL     ..................10




















DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                      Halaman
4.1           Hasil Belajar Dari Kedua Model Pembelajaran.....................29





















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                   Halaman
1.                  Silabus (Problem Based Learning).......................................... 36
2.                   Silabus Ceramah Variasi ........................................................ 39
3.                  RPP (Problem Based Learning).............................................. 42
4.                  RPP Ceramah Variasi ............................................................. 50
5.                  Kisi-kisi Soal............................................................................ 60
6.                  Lembar Penilaian Kognitif....................................................... 61
7.                  Lembar Penilaian Afektif........................................................ 72
8.                  Lembar Penilaian Psikomotor.................................................. 79
9.                  Daftar Nilai Hasil Belajar Siawa.............................................. 83
10.              Perbedaan Hasil Belajar dari Kedua Model............................ 85
11.              Foto.......................................................................................... 87     
12.              Surat Keterangan Telah Melakukan Penelitian........................ 92









Tidak ada komentar:

Posting Komentar