PERBEDAAN MODEL
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI
PADA BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP
HASIL BELAJAR
BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP
SKRIPSI
Diajukan Untuk Penulisan Skripsi Guna Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh
Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) Pada Program Studi Pendidikan Biologi pada
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri
Disusun oleh:
ENY RICHA VICTIARI
08.1.01.06.0014
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NUSANTARA PGRI KEDIRI
2012
HALAMAN PERSETUJUAN
Skripsi
oleh :
ENY RICHA VICTIARI
NPM
: 08.1.01.06.0014
Judul
:
PERBEDAAN MODEL
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
SISWA KELAS VII
SMP
Telah disetujui untuk
diajukan kepada
Panitia Ujian/Sidang
Skripsi Program Studi
Biologi
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Tanggal :
29 Juni 2012
Pembimbing I Pembimbing II
Dr. Sulistiono, M.Si. Dra.Dwi
Ari Budiretnani. M.Pd.
HALAMAN PENGESAHAN
Skripsi
oleh :
ENY RICHA VICTIARI
NPM
: 08.1.01.06.0014
Judul
:
PERBEDAAN MODEL
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
SISWA KELAS VII
SMP
Telah dipertahankan
di depan Panitia Ujian/Sidang Skripsi
Program Studi Biologi
FKIP UNP Kediri
Pada Tanggal :
13 September 2012
Dan
dinyatakan telah memenuhi persyaratan
Panitia
Penguji Tanda
Tangan
1.
Ketua :
Drs. Setya Adi Sancaya, M.Pd. ...............................
2.
Penguji I :
Dra. Elly Setyowati, M.Pd. ...............................
3.
Penguji II :
Dr. Sulistiono, M.Si. ...............................
Mengetahui dan
Mengesahkan
Dekan FKIP
Dr.
Sulistiono M.Si.
PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini saya,
Nama :
ENY RICHA VICTIARI
Jenis Kelamin :
Perempuan
Tempat/tgl. Lahir : Magetan / 30 Agustus 1989
NPM :
08.1.01.06.0014
Fak/Prodi :
FKIP/BIOLOGI
Menyatakan dengan sebenarnya, bahwa dalam skripsi ini tidak
terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjaaan di suatu
perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya tidak terdapat karya tulis
atau pendapat yang pernah diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara
sengaja dan tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar
pustaka.
Yang
Menyatakan
ENY RICHA VICTIARI
NPM:
08.1.01.06.0014
Motto
Ø Jadilah seperti karang di lautan yang
kuat dihantam ombak dan kerjakanlah hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan
orang lain, karena hidup hanyalah sekali. Ingat hanya pada Allah apapun dan di
manapun kita berada kepada Dia-lah tempat meminta dan memohon.
Ø Tidak ada masalah yang tidak bisa
diselesaikan selama ada komitmen bersama untuk menyelesaikannya.
Ø Berangkat dengan penuh keyakinan
Berjalan dengan penuh keikhlasan Istiqomah dalam menghadapi cobaan.
Ø Jadi Diri Sendiri, Cari Jati Diri, And
Dapetin Hidup Yang Mandiri ,Optimis,
Karena Hidup Terus Mengalir Dan Kehidupan Terus Berputar ,sesekali Liat Ke Belakang Untuk
Melanjutkan Perjalanan Yang Tiada Berujung
Persembahan
skripsi ini untuk:
Ø Kedua orang tuaku tercinta yang telah
membimbing aku sampai saat ini, terima kasih untuk do’a, kasih sayang dan
dukungannya selama ini.
Ø Sahabat-sahabat terbaikku, Tri,
Nadir, Niswa, dll yang selalu
ada untuk aku saat suka dan duka. Terima kasih untuk kebersamaan kita selama
ini.
Ø Eka
santosa Seseorang yang selalu mendukung dan memberiku semangat .
Ø Bapak-ibu
dosen Jurusan Biologi Universitas
Nusantara PGRI Kediri .
Ø Almamater Universitas Nusantara PGRI Kediri .
ABSTRAK
ENY RICHA VICTIARI: Perbedaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Metode Ceramah Bervariasi pada Bahasan
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Terhadap Hasil
Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP,Skripsi, Biologi, FKIP Universitas
Nusantara PGRI Kediri, 2012.
Kata Kunci : Model
Pembelajaran Berbasis Masalah, Metode Ceramah Bervariasi,Hasil
Belajar.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar siswa pada pelajaran biologi bahasan ciri-ciri makhluk hidup antara yang
menggunakan model PBL (Problem Based
Learning) dengan yang menggunakan metode ceramah bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP PGRI 1 Kediri,
sedangkan sampelnya adalah siswa kelas
VII A sebagai X1 (model pembelajaran PBL ) dan kelas VII B sebagai X2 (Ceramah
Bervariasi). Parameter yang digunakan
adalah hasil belajar siswa setelah dilakukan post test. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis
dengan uji t, analisis dilakukan dengan computer menggunakan program SPSS 17. Hasil analisis data
dengan uji t diperoleh nilai t-hitung yang dihasilkan adalah 9,402 lebih besar daripada nilai t-tabel sebesar 1,986. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa pada
pelajaran biologi bahasan ciri-ciri makhluk hidup antara model pembelajaran
berbasis masalah dengan metode ceramah bervariasi (2) Hasil
belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari metode
ceramah bervariasi pada bahasan
ciri-ciri makhluk hidup.
.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan atas ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat serta
hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah dengan judul
“Perbedaan Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (Problem Based
Learning) Dengan Metode
Ceramah Bervariasi Pada Bahasan Ciri-Ciri Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar Biologi
Siswa Kelas VII SMP “. Dengan penelitian ini diharapkan menambah wawasan, pengalaman
dan pengetahuan.
Penulis mengucapkan terima kasih
kepada yang terhormat :
1. Drs.H.
Samari, S.E. M.M. selaku Rektor Universitas Nusantara PGRI Kediri.
2. Dr.
Sulistiono, M.Si. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan sekaligus
sebagai pembimbing skripsi I, yang tanpa kenal lelah dan tidak memperhitungkan
waktu selalu siap untuk memberikan bimbingan kepada penulis sampai terwujudnya
skripsi ini.
3. Dra.Dwi
Ari Budiretnani.M.Pd. Selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi dan sekaligus
sebagai pembimbing skripsi II, yang tanpa kenal lelah dan tidak memperhitungkan
waktu selalu siap untuk memberikan bimbingan kepada penulis sampai terwujudnya
skripsi ini.
4. Kepala
Sekolah dan Guru mata pelajaran
pendidikan Biologi SMP PGRI 1 Kediri.
5. Semua
pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, yang telah membantu, baik
secara langsung maupun tidak langsung demi terselesainya penulisan skripsi ini.
Dengan
segenap kemampuan yang ada, penulis berusaha menyusun skripsi ini
sebaik-baiknya namun kami sadar masih banyak sekali kekuranganya oleh sebab itu
sebagai saran masukan yang memnbangun sangat diharapkan dan akan diterima
dengan tangan terbuka, demi manfaat sebesar-besarnya skripsi ini.
Akhirnya
semoga apa yang penulis lakukan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang
berkepentingan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat dan
bimbingan-Nya untuk kita Amin.
ENY RICHA VICTIARI
NPM:08.1.01.06.0014
DAFTAR ISI
Halaman Judul...................................................................................... i
Lembar Persetujuan.............................................................................. ii
Lembar Pengesahan.............................................................................. iii
Halaman Pernyataan............................................................................. iv
Motto dan persembahan....................................................................... v
Abstrak................................................................................................. vi
Kata Pengantar..................................................................................... vii
Daftar Isi.............................................................................................. ix
Daftar Tabel......................................................................................... xi
Daftar Gambar..................................................................................... xii
Daftar Lampiran................................................................................... xiii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang....................................................................... 1
B. Identifikasi
Masalah............................................................... 5
C. Pembatasan
Masalah.............................................................. 5
D. Rumusan
Masalah.................................................................. 5
E.
Tujuan Penelitian.................................................................... 6
F.
Manfaat Penelitian................................................................ 6
BAB II KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS
A.
Kajian Teori........................................................................... 8
B.
Materi Ajar............................................................................. 15
C.
Hasil Belajar........................................................................... 20
D.
Kajian hasil
penelitian terdahulu............................................ 22
E.
Kerangka
pikir ...................................................................... 22
F.
Hipotesis ............................................................................... 23
BAB III METODE PENELITIAN
A. Identifikasi
variabel Penelitian............................................... 24
B. Teknik
dan Pendekatan Penelitian......................................... 24
C. Tempat
dan Waktu Penelitian................................................ 25
D. Populasi
dan Sampel.............................................................. 26
E.
Instrumen Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data............ 27
F.
Tehnik Analisis Data.............................................................. 28
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Penelitian ...................................................................... 29
B. Pembahasan............................................................................ 30
BAB V PENUTUP
A.Simpulan ............................................................................... 33
B. Saran....................................................................................... 33
Daftar
Pustaka...................................................................................... 34
Lampiran-lampiran
.............................................................................. 36
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 2.1 Fase dalam mengimplementasikan pembelajaran PBL ..................10
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
4.1 Hasil Belajar Dari Kedua Model
Pembelajaran.....................29
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1.
Silabus (Problem Based Learning).......................................... 36
2.
Silabus Ceramah Variasi ........................................................ 39
3.
RPP (Problem Based Learning).............................................. 42
4.
RPP Ceramah Variasi ............................................................. 50
5.
Kisi-kisi
Soal............................................................................ 60
6.
Lembar Penilaian
Kognitif....................................................... 61
7.
Lembar Penilaian
Afektif........................................................ 72
8.
Lembar Penilaian
Psikomotor.................................................. 79
9.
Daftar Nilai Hasil
Belajar Siawa.............................................. 83
10.
Perbedaan Hasil Belajar
dari Kedua Model............................ 85
11.
Foto.......................................................................................... 87
12.
Surat Keterangan Telah
Melakukan Penelitian........................ 92
Tidak ada komentar:
Posting Komentar