Lampiran 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP PGRI 1 KEDIRI
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester : VII / I
Materi
Pembelajaran : Ciri-Ciri
Makhluk Hidup
Alokasi
Waktu : 3 x 40 menit
I. Standar
Kompetensi:
6. Mamahami keanekaragaman
makhluk hidup
II. Kompetensi
Dasar :
6.1
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
III. Indikator
Kognitif
1.
Produk:
a)Menyebutkan 5 ciri-ciri mahkluk hidup
b)Menjelaskan pengertian iritabilitas dan
gerak
c)Menjelaskan pengertian makan
d) Menjelaskan
pengertian melakukan metabolisme
e) Menjelaskan
pengertian melakukan adaptasi
f) Menjelaskan pengertian tumbuh dan berkembang biak
2.Proses:
a)Mencontohkan kembali 5 ciri-ciri makhluk
hidup.
b) Membedakan 5
ciri-ciri makhluk hidup dengan benda mati.
Psikomotor
Terampil menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru selama pembelajaran berlangsung
Afektif
Karakter
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi : Teliti, jujur,peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman
Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, meliputi:
Bertanya, menyumbang ide ataupendapat, menjadi pendengar yang
baik, komunikasi
IV.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif :
1. Produk
1)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan metode ceramah bervariasi (tanya jawab) siswa dapat menyebutkan 5 ciri-ciri mahkluk hidup
2)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan metode ceramah bervariasi (tanya jawab) siswa dapat menjelaskan pengertian iritabilitas dan
gerak
3)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan metode ceramah bervariasi (tanya jawab) siswa dapat menjelaskan pengertian makan
4)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan metode ceramah bervariasi (tanya jawab) siswa dapat menjelaskan pengertian melakukan
metabolisme
5)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan metode ceramah bervariasi (tanya jawab) siswa dapat menjelaskan pengertian melakukan adaptasi
6)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan metode ceramah bervariasi (tanya jawab) siswa dapat menjelaskan pengertian tumbuh dan berkembang biak
2. Siswa dapat menjelaskan proses
1) Dengan diberikan bacaan dan gambar siswa dapat mengidentifikasi ciri- ciri makhluk hidup
2) Siswa dapat mencontohkan kembali 5 ciri-ciri makhluk
hidup berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh guru.
3) Siswa dapat membedakan 5 ciri-ciri makhluk hidup dengan
benda mati.
Psikomotor
Keterampilan siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru selama pembelajaran
berlangsung
Afektif
Karakter
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi : Teliti, jujur,peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman
Keterampilan
Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, meliputi:
Bertanya, menyumbang ide ataupendapat, menjadi pendengar yang
baik, komunikasi
V. Materi Pembelajaran:
-
Ciri-ciri
makhluk hidup
VI.
Model dan Metode Pembelajaran:
Model Pembelajaran : Ceramah
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab
VII. Alat:
-
Lembar
soal
-
Alat
tulis
VIII. Kegiatan Belajar Mengajar
Pertemuan pertama (2x40 menit)
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal ( 5 menit)
1. Memberikan salam
2. Mengadakan presensi
3. Memotivasi siswa Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan 2 gambar, gambar ke 1 sebuah batu dan gambar ke 2 sebatang
tumbuhan, kemudian mengajukan pertanyaan”
Gambar yang manakah yang tergolong benda mati dan gambar manakah yang
termasuk makhluk hidup?
4. Melanjutkan
pertanyaan ” Mengapa gambar ke 2 termasuk makhluk hidup?
5.
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses,
psikomotor, dan keterampilan sosial dan perilaku berkarakter.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
1.
Menyampaikan materi ke siswa
sebagai pengantar proses pembelajaran.
2.
Memberikan kesempatan kepada
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan.
3.
Guru mengadakan tanya jawab berdasarkan materi yang telah disampaikan (menunjuk
beberapa siswa dan memberikan beberapa pertanyaan)
“Sebutkan ciri-ciri makhluk hidup?”
|
60 menit
|
3.
|
Kegiatan Akhir/Tindak Lanjut( 5 menit)
1. Menyimpulkan hasil pembelajaran bersama-sama siswa.
2. Pembelajaran
diakhiri dengan do’a
3. Ditutup
dengan salam
|
5 menit
|
Pertemuan
ke II
( 1
x 40
menit )
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal ( 10 menit)
1. Memberikan salam
2. Mengadakan presensi
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Sebagai
evaluasi siswa diminta mengerjakan post test
2. Membahas bersama soal post test yang telah dikerjakan.
|
30
menit
|
3.
|
Kegiatan Akhir
1. Pembelajaran
diakhiri dengan do’a
2. Ditutup
dengan salam
|
5 menit
|
IX. Media
dan Sumber Pembelajaran
Sumber: :
- Syamsuri Istamar,dkk. 2006. IPA
Biologi untuk SMP Kelas VII. Malang : Erlangga
-LKS
} Silabus
X. Penilaian
Jenis :
1. Penilaian dalam proses
2. Penilaian
akhir / evaluasi
Bentuk :
1. Penampilan / aktifitas selama kegiatan pembelajaran
2. Tes tulis
XI.Lampiran-lampiran
a. Rangkuman
Materi
b. Lembar
kehadiran siswa
c. Lembar
Penilaian
|
|
|
Kediri,
oktober
2011
|
|
MAHASISWA
ENY RICHA VICTIARI
NPM. 08.1.01.06.0014
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar