Lampiran 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP PGRI 1 KEDIRI
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : VII / I
Materi
Pembelajaran : Ciri-Ciri Makhluk
Hidup
Alokasi
Waktu : 3 x 40 menit
I. Standar
Kompetensi:
6. Mamahami
keanekaragaman makhluk hidup
II. Kompetensi
Dasar :
6.1
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
III. Indikator
Kognitif
1.
Produk:
a) Menyebutkan 5 ciri-ciri mahkluk hidup
b) Menjelaskan pengertian iritabilitas dan
gerak
c) Menjelaskan pengertian makan
d) Menjelaskan pengertian melakukan metabolisme
e)
Menjelaskan
pengertian melakukan adaptasi
f)
Menjelaskan
pengertian tumbuh dan berkembang biak
2.Proses:
a)
Membuat
karya berupa laporan tertulis hasil
pertumbuhan biji kacang hijau.
b) Membedakan 5 ciri-ciri makhluk hidup dengan benda mati.
Psikomotor
Terampil mengukur pertumbuhan perkecambahan
pada biji kacang hijau.
Afektif
a.Karakter
1) Antusias
dalam pembelajaran.
2) Berani
mengutarakan gagasan/ide.
b. Keterampilan
sosial
1) Bekerjasama
dalam kelompok saat diskusi.
2) Aktif dalam
diskusi kelompok.
3) Mendukung
pendapat siswa lain yang dianggap benar.
4) Menghargai
pendapat orang lain saat berdiskusi.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
:
1. Produk
1)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri makhluk hidup menggunakan
strategi Problem Based Learning (PBL) siswa
dapat menyebutkan 5 ciri-ciri mahkluk hidup
2)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri makhluk hidup menggunakan
strategi Problem Based Learning (PBL) siswa dapat menjelaskan pengertian iritabilitas dan
gerak
3)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) siswa dapat menjelaskan pengertian makan
4)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) siswa dapat menjelaskan pengertian melakukan
metabolisme
5)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) siswa dapat menjelaskan pengertian melakukan
adaptasi
6)
Setelah
mempelajari materi tentang ciri-ciri
makhluk hidup menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) siswa dapat menjelaskan pengertian tumbuh dan berkembang biak
2. Proses
1) Siswa dapat memecahkan masalah
yang diberikan setelah melakukan pengamatan pertumbuhan biji kacang hijau.
2)
Siswa
dapat membuat karya berupa laporan tertulis tentang pertumbuhan biji kacang hijau.
3)
Siswa
dapat membedakan 5 ciri makhluk hidup dengan benda mati berdasarkan pengamatan.
Psikomotor
Siswa terampil mengukur pertumbuhan biji kacang hijau.
Afektif
a.Karakter
1) Siswa
antusias dalam pembelajaran.
2) Siswa berani
mengutarakan gagasan/ide.
b. Keterampilan
sosial
1) Siswa
bekerjasama dalam kelompok saat diskusi.
2) Siswa aktif
dalam diskusi kelompok.
3) Siawa
mendukung pendapat siswa lain yang dianggap benar.
4) Siswa
menghargai pendapat orang lain saat berdiskusi.
V.
Materi Pembelajaran:
o Ciri-ciri makhluk hidup
VI.
Model dan Metode Pembelajaran:
Model
Pembelajaran : Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (PBL )
Metode
Pembelajaran : Diskusi
VII. Alat:
-
Lembar soal
-
Lembar observasi
-
Gambar
VIII. Kegiatan Belajar Mengajar
Pertemuan pertama 1 X 40
Kegiatan
(waktu)
|
Fase
|
Kegiatan Guru
|
Pendahu-luan
(5 menit)
|
Orientasi
siswa pada masalah
|
Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan 2 gambar,
gambar ke 1 sebuah batu dan gambar ke
2 sebatang tumbuhan, kemudian mengajukan pertanyaan” Gambar yang manakah yang tergolong benda
mati dan gambar manakah yang termasuk makhluk hidup?
Melanjutkan
pertanyaan ” Mengapa gambar ke 2 termasuk makhluk hidup?
|
Inti (30 menit)
|
Mengorganisasi
siswa untuk belajar
|
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok tiap kelompok
terdiri dari 4-5 orang
Guru memberikan permasalahan (pengamatan pertumbuhan kacang
hijau) serta mengumpulkan fakta-fakta yang berkaitan dengan permasalahan yang
mereka temukan serta menyusun hipotesis.
|
Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
|
·
Meminta setiap siswa dalam masing-masing
kelompok untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di dalam kasus,
kemudian dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan kasus
tersebut.
·
Meminta setiap siswa dalam masing-masing
kelompok untuk menuliskan ide/gagasan yang ditemukannya, untuk menyelesaikan
permasalahan tersebut.
·
Membimbing siswa untuk dapat
menuliskan ide/gagasan sebagai
alternative pemecahan masalah yang ada di dalam kasus.
·
Meminta setiap kelompok untuk
mengumpulkan ide/gagasan yang telah dituliskan oleh setiap anggota
kelompoknya, dan dilanjutkan dengan seleksi ide/gagasan oleh setiap kelompok.
·
Membimbing siswa untuk dapat
melakukan penyeleksian ide/gagasan sebagai alternatif pemecahan masalah yang
ada di dalam kasus pertumbuhan biji kacang hijau.
Karakter
Afektif→ Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi :
Teliti, jujur, peduli,
tanggung jawab, bekerja sama,
terbuka dan menghargai pendapat teman.
|
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Guru
meminta siswa untuk membuat karya berupa laporan tertulis hasil observasi
serta melakukan pengujian hasil (solusi) pemecahan masalah dengan melakukan demonstrasi.
Karakter Keterampilan Sosial→ Menunjukkan
kemampuan keterampilan sosial, meliputi: Bertanya, menyumbang ide atau
pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi
|
|
Penutup (5 menit)
|
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
·
Memberikan tugas kepada setiap
kelompok
untuk
membuat penyajikan pemecahan
masalah yang telah dipilihnya.
·
Membimbing setiap kelompok untuk dapat menyajikan
tahapan pemecahan masalah yang telah dipilihnya dalam bentuk laporan grafik
pertumbuhan biji kacang hijau sesuai kreativitas masing-masing kelompok.
|
Pertemuan ke II ( 2 x
40 menit )
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
Menanyakan
tugas penyajian pemecahan masalah yang telah dipilih oleh setiap kelompok.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Guru
meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil observasi mereka
secara bergantian di depan kelas.Guru memberikan kesempatan bertanya kepada
siswa mengenai permasalahan yang masih sulit mereka pacahkan.Guru membuat
kesimpulan alternatif pemecahan masalah secara kolaboratif.
|
60
menit
|
3.
|
Kegiatan
Akhir/Tindak Lanjut
Bersama
dengan siswa menyimpulkan hasil pembelajarannya.
Guru
memberikan postes kepada siswa
|
5
menit
|
IX. Media dan Sumber
Pembelajaran
Sumber: :Syamsuri Istamar,dkk. 2006. IPA
Biologi untuk SMP Kelas VII. Malang : Erlangga
LKS
} Silabus
X. Penilaian
Jenis :
1. Penilaian dalam proses
2. Penilaian
akhir / evaluasi
Bentuk :
1. Penampilan / aktifitas selama kegiatan pembelajaran
2. Tes tulis
XI.Lampiran-lampiran
a. Rangkuman
Materi
b. Lembar
kehadiran siswa
c. Lembar
Penilaian
|
|
|
Kediri,
Oktober
2011
|
|
MAHASISWA
ENY RICHA VICTIARI
NPM. 08.01.1.06.0014
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar