Lampiran 1
SILABUS (Problem-Based
Learning)
Nama Sekolah :
SMP PGRI 1 Kediri
Kelas/Semester :
VII/1
Mata pelajaran : Biologi
SK : 6. Mamahami keanekaragaman makhluk
hidup
KD :6.1
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
IndikatorPencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
|||||||
Ciri-ciri makhluk hidup
|
o Melakukan pengamatan
o Membuat laporan hasil pengamatan diskusi secara
berkelompok.
o Mempresentasikan hasil diskusi dan menyimpulkan
o Selain itu, dalam kegiatan belajar mengajar
diupayakan memberikan pengalaman belajar kepada siswa agar siswa mampu
mengembangkan karakter dan keterampilan sosialnya yang
o Terintegrasi selama kegiatan belajar mengajar
berlangsung
|
Kognitif
Produk
a)Menyebutkan 5 ciri-ciri mahkluk hidup
b)Menjelaskan pengertian
iritabilitas dan gerak
c)Menjelaskan pengertian makan
d) Menjelaskan pengertian melakukan
metabolisme
e) Menjelaskan pengertian melakukan
adaptasi
f) Menjelaskan pengertian tumbuh dan
berkembang biak
Proses
a)Membuat karya berupa laporan tertulis hasil percobaan pertumbuhan biji kacang hijau.
b)
Membedakan 5 ciri-ciri makhluk hidup dengan benda mati.
Psikomotor
Keterampilan
siswa mengukur pertumbuhan perkecambahan pada biji kacang hijau.
Afektif:
Karakter
Antusias
dalam pembelajaran,berani mengutarakan gagasan/ide.
Keterampilan Sosial
Bekerjasama
dalam kelompok saat diskusi,aktif dalam diskusi kelompok,mendukung pendapat siswa lain yang
dianggap benar,menghargai pendapat orang lain saat berdiskusi.
|
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
unjuk kerja
Tes
tulis
Tes
unjuk kerja
Pengamatan
Pengamatan
|
Tes
Tulis
Tes
Tulis
Tes
Tulis
Tes
Tulis
Tes
Tulis
Asesmen
Kinerja Proses
Tes
tulis
Asesmen
Kinerja Proses
Pengamatan perilaku berkarakter
Pengamatan
Keterampilan Sosial
|
3 x 40
|
S
Syamsuri
Istamar,dkk. 2006. IPA Biologi untuk SMP Kelas VII. Malang :
Erlangga
Bahan: LKS, alat praktikum.
|
||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
Lampiran 2
SILABUS (Metode Ceramah
Bervariasi)
Nama Sekolah :
SMP PGRI 1 Kediri
Kelas/Semester :
VII/1
Mata pelajaran : Biologi
SK : 6. Mamahami keanekaragaman makhluk
hidup
KD :6.1
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
IndikatorPencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
|||||||
Ciri-ciri makhluk hidup
|
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
Menjelaskan setiap ciri-ciri makhluk hidup
Mencontohkan ciri-ciri makhluk hidup
Mengerjakan soal
|
Kognitif
Produk
a)Menyebutkan 5 ciri-ciri mahkluk hidup
b)Menjelaskan pengertian
iritabilitas dan gerak
c)Menjelaskan pengertian makan
d) Menjelaskan pengertian melakukan
metabolisme
e) Menjelaskan pengertian melakukan
adaptasi
f) Menjelaskan pengertian tumbuh dan
berkembang biak
Proses
a)Mencontohkan
kembali 5 ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh
guru.
b)
Membedakan 5 ciri-ciri makhluk hidup dengan benda mati.
Psikomotor
Keterampilan
siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru selama
pembelajaran berlangsung
Afektif:
Karakter
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi : Teliti, jujur,peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman
Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, meliputi: Bertanya, menyumbang ide
ataupendapat, menjadi pendengar yang baik,
komunikasi
|
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
tulis
Tes tulis
Tes
tulis
Pengamatan
Pengamatan
|
Tes
Tulis
Tes
Tulis
Tes
Tulis
Tes
Tulis
Tes
Tulis
Tes
tulis
Tes
Tulis
Tes
tulis
Pengamatan
perilaku berkarakter
Pengamatan
Keterampilan Sosial
|
3 x 40
|
S
Syamsuri
Istamar,dkk. 2006. IPA Biologi untuk SMP Kelas VII. Malang :
Erlangga
Bahan: LKS, alat praktikum.
|
||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar